Syair Lagu Ciptaan Ebiet G Ade Buat Pendengar Penasaran

Kamis, 07 September 2017 - 18:19 WIB
Syair Lagu Ciptaan Ebiet G Ade Buat Pendengar Penasaran
Syair Lagu Ciptaan Ebiet G Ade Buat Pendengar Penasaran
A A A
JAKARTA - Ebiet G Ade, kiranya layak untuk masuk ke dalam daftar legenda penyanyi Tanah Air. Di balik lagu-lagunya yang tenang, Ebiet sukses membuat orang yang mendengarnya menyimpan rasa penasaran yang dalam.

Bahkan, dari sekian banyak lagu yang diciptakannya, tidak jarang menggelitik sebagian kalangan untuk berspekulasi. Camelia, adalah lagu yang cukup sukses mengundang spekulasi dari mereka yang mendengarkannya.

Banyaknya lagu yang diberi judul Camelia, melahirkan anggapan dari banyak kalangan bahwa nama tersebut merupakan sosok nyata yang ada di kehidupan sang legenda. Namun, anggapan tersebut tidak terbukti. Ebiet menjelaskan, sosok Camelia tidak lebih dari sekadar imajinatif belaka. "Ada juga yang mengaku telah menemukan makam Camelia," kata dia saat tampil di Pagelaran Musik Puisi, di TIM.

Di luar itu, lagu Mimpi Di Parangtritis pun sukses membuat penggemarnya penasaran. "Kiranya kini kau t'lah hilang musnah. Seperti namamu yang kutulis di pasir. Ditelan ombak Pantai Laut Selatan,' adalah lirik dari judul lagu itu yang sukses menuntun salah satu penggemarnya untuk mencari lebih jauh lagi.

"Ada salah satu orang yang sampai menginap di Parangtritis. Dia mencari tahu dari orang-orang di sana, apakah melihat Ebiet menulis di pasir pantai atau tidak, " kata Ebiet.

"Orang itu adalah yang sekarang menjadi Kapolda (Metro Jaya), Bapak Idham Azis. Terimakasih, Bapak Kapolda," lanjut dia.

Namun sayang, pada pagelaran itu, lantaran ada kesibukan, Kapolda urung hadir menyaksikan penampilan idolanya itu.

Selain sukses membuat orang penasaran, Ebiet mengaku beberapa lagunya juga bercerita tentang perjalanan hidupnya. Elegi Esok Pagi, adalah salah satu lagu yang becerita tentang perjalanannya di masa muda dulu.

Dia bercerita, saat itu dia menaruh hati kepada seorang gadis. Seperti anak muda pada umumnya, Ebiet pun mencoba untuk bisa mencuri perhatian dari sang gadis idaman itu. Menghadiahkan bunga, adalah cara yang dilakukan Ebiet. Hal tersebut tergambar dalam baris lirik 'Esok pagi kau buka jendela. Kan kau dapati seikat kembang merah.'

"Saya mengirim bunga dengan harapan nanti bunga ini punya makna. Apa yang saya harapkan, alhamdulillah jadi kenyataan. Perempuan itu adalah yang sekarang jadi istri saya," jelas dia.

Peristiwa dan kejadian di sekitar sang maestro pun, tidak luput dari perhatiannya. Nasihat Pengemis Untuk Istri, adalah salah satu lagu yang terinspirasi dari apa yang dilihatnya "Saat itu ada seorang pengemis. Ketika dia kesusahan, di sudut lain, tidak jauh dari tempat dia, terlihat orang-orang sedang bersenang-senang," beber dia.

Selain beberapa lagu tersebut di atas, masih banyak lagu-lagu Ebiet yang memiliki makna cukup dalam. Atas hal itu, maka tidak aneh jika hingga saat ini nama Ebiet masih cukup memiliki tempat di banyak kalangan. Bahkan, ada beberapa komunitas dan musisi yang selalu membawakan lagu Ebiet dalam setiap pertunjukannya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5288 seconds (0.1#10.140)